salju

Sabtu, 21 Maret 2015

Cara Menanam Tomat Dalam Pot atau Polybag

Tomat memang sudah tidak asing di kalangan masyarakat, apalagi tomat memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya vitamin A yang akan membuat mata kita menjadi sehat. Bagi anda yang mau menanam tomat, maka tepat sekali anda di sini, karena saya akan membahas cara menanam tomat di dalam pot atau polybag. Menanam tomat di dalam pot atau polybag sangat digemari karena tidak banyak membutuhkan tempat, dan juga sangat mudah, kita bisa menanamnya di depan rumah ataupun disamping rumah. Berikut langkah menanam tomat di pot atau polybag.
  1. Pemilihan Bibit tomat yang unggul Yang pertama kita akan memilih bibit tomat yang paling unggul atau subur. untuk hal ini pilihlah tomat yang benar-benar sehat artinya tidak cacat dan tidak memperlihatkan bahwa tomat tersebut tidak pernah diserang hama atau penyakit.
  2. Penyemaian: untuk langkah kedua kita harus menyemaikan bibit tomat. untuk langkahnya anda bisa rendam benih tomat kedalam larutan fungisida, yang tujuannya untuk mematikan penyakit atau benih hama yang terdapat pada benih tomat. setelah itu baru di semaikan. Setelah benih tumbuh tumbuh dan berumur sekitar 7 sampai 10 hari bibit bisa dipindah ke kantong-kantong kecil yang terlebih dahulu anda siapkan. untuk selanjutnya biarkan selama 15 hingga 21 hari. dan benih tomat siap di pindahkan dalam pot atau polybag.
  3. Beberapa Pilihan Pot: banyak sekali penjual pot mungkin ada beberapa macam jenis pot diantaranya pot dari semen, pot dari keramik pot dari tanah liat dan banyak lagi, selain itu anda bisa menggunakan polybag atau kaleng bekas, yang terpenting usahakan untuk bagian bawah lubang harus banyak karena supaya air ketika kita siram bisa mengalir dengan cepat.
  4. Media Tanam: untuk unsur tanah yang kita pakai adalah pupuk kandang pasir dan tanah, perbandingannya yaitu 2 untuk tanah, 1 pasir dan 1 pupuk kandang, anda bisa membuat takaran sendiri dan bisa aplikasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan.
  5. Penanaman Benih Tomat: Setelah benih kira-kira berumur 30 hari maka kita lakukan penanaman ke dalam pot / polybag yang sudah anda persiapkan.
  6. Pemeliharaan Buah Tomat dengan media Pot: Tanaman tomat yang baru saja ditanam dalam pot atau polybag harusnya letakkan ditempat yang teduh. Setelah tunas tumbuh maka pot / polibag bisa anda pindahkan kepekarangan yang terbuka, atau tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Untuk penyiraman bisa anda lakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Agar tanaman tomat bisa tumbuh tegak maka bisa anda pasang ajir atau tongkat.
  7. Pemupukan Tanaman Tomat: Karena tomat termasuk juga sayuran, setelah benih tumbuh menjadi bibit selain diberikan pupuk tanaman seperti sayuran padan umumnya, lakukan khusus dengan memupuk tanaman tomat dengan pupuk kandang.
  8. Penyemprotan: anda bisa menyemprotkan insektisida bila anda melihat buah tomat dalam polybag atau pot terkena hama.
  9. Pemanenan: untuk pemanenan biasanya buah tomat memiliki usia dari 60 sampai dengan 100 hari.
Itulah Cara Menanam Tomat Dalam POT atau Polybag, langkah-langkah diatas adalah cara mudah dan gampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar